JURNAL USAHA
“Bebek Kaleyo”
NAMA
KELOMPOK :
·
SYIFA FAUZIAH /
58213762
·
DESY ZSA ZSA BILLA /
52213244
·
FAUZIAH PUTRI UTAMI /
53213336
TUGAS : KEWIRAUSAHAAN
(SOFTSKILL)
KELAS : 2DF02
Bebek kaleyo
LATAR BELAKANG
Bebek kaleyo merupakan salah satu kuliner yang di kenal luas
oleh masyarakat jabodetabek dan mereka merupakan salah satu restoran bebek yang
paling ramai di indonesia, selain itu mereka telah membuka banyak cabang di di
jabodetabek. berikut adalah cabang-cabang dari pada bebek kaleyo yang tersebar
di daerah jabodetabek.
1. CEMPAKA PUTIH ( TENDA ) Jl. Cempaka Putih
Raya 108 - Jakpus
2. RAWAMANGUN. jl pemuda,no.290
3. SUNTER. jl sunter utara blok f 20,no.27-28
4. BUARAN. jl.raden inten,no 3b-buaran-duren sawit
5. B S D. jl.rawa buntu no 17 bsd serpong
6. TEBET. Jl.KH.syafei (lapangan roos), n0.49-tebet
7. HARAPAN INDAH. Kawasan kuliner meli-melo harapan
indah bekasi
8. CEMPAKA PUTIH (AC). Jl.cepaka putih raya
112-cepaka putih jakpus
9. JATIWARINGIN. Jl jati waringin (depan bank DKI)
10. BINTARO. Jl.kompleks bangk niaga sektor 7-taman
kota-bintaro
11. KALIMALANG. Kompleks Ruko Duta Permai Blok
B1/7-8 Jl. Raya Kalimalang- Bekasi.
Restoran bebek kaleyo beroprasi sekitar 12 jam dari jam
11.00-23.00 wib kecuali di bebek kaleyo 1 cempaka putih yang beoprasi dari jam
18.00-24.00. seluruh gerai bebek kaleyo buka pada hari senin-sabtu untuk
hari minggu libur.
Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang perilaku
konsumen penjualan bebek kaleyo kalimalang yang merupakan
cabang ke 11 letaknya di dekat kampus kami yang beralamatkan Kompleks Ruko Duta
Permai Blok B1/7-8 Jl. Raya Kalimalang-Bekasi. Samping Superindo
Kalimalang.Yang baru di resmikan pada hari sabtu tanggal 25-mei-2013.
Kaleyo
sendiri merupakan kependekan bahasa Jawa, "kalih" yang artinya dua
dan "ayo" yang berarti ajakan.seperti yang mereka konfirmasikan pada
kami bahwa dengan nama itu mereka Mengajak pelanggan untuk tidak hanya membeli
satu namun dua. Tidak hanya datang sekali namun dua kali. Dan itu terbukti
ampuh banyak pelanggan yg merasa tidak puas datang dua kali. Mereka datang
berkali-kali... belasan kali... puluhan kali... bahkan ada yg ratusan kali.
PEMBAHASAN
PEMASARAN
BEBEK KALEYO
1) Promosi
Dalam
menjalankan usahanya,promosi yang dilakukan oleh bebek kaleyo adalah dengan
cara pemasangan papan nama restoran,pemasangan iklan di internet,pemasaran
melalui web pribadi mereka,serta melakukan pemasangan iklan di majalah kuliner
setempat dl.
2) Tempat
Tempat
berarti kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan sehingga lokasi objek mudah di
jangkau dan strategis untuk pengembangan usaha. oleh karena itu pihak bebek
kaleyo menyebarkan cabang-cabang mereka di tempat yang sangat strategis di
jabodetabek ini untuk memudahkan para pelanggan setianya untuk berkunjung
dan menikmati hidangan yang mereka sediakan.
3) Produk
Pruduk
sebagai alat bauran pemasaran yang paling mendasar merupakan penawaran berujud
kepada konsumen yang mencakup kualitas denngan segala atributnya.perusahaan
yang bergerak di bidang kulliner harus senantiasa memperhatikan atribut cita
rasa khususnya rasa makanan ukuran atau porsi makanan.bebek kalyo memiliki
berbagai varian produk olahan seperti:bebek goreng,bebek bakar,bebek cabe
ijo,dll.
4) Harga
Harga
bagi konsumen merupakan salah satu faktor yang yang mempengaruhi dalam
menentukan pilihan produk yang akan di beli.harga berarti jumlah uang yang
dibayarkan konsumen pada produsen.oleh karna itu pihak bebek kaleyo memberikan
harga yang setandard karna pihak bebek kaleyo lebih menitik beratkan kepada
konsumen untuk golongan menengah kebawah.
Berikut
adalah menu lengakap dan harga yang di tawarkan oleh bebek kaleyo :
1. Paket hemat lengkap.
Nasi
putih+bebek goreng/cabe ijo+kremesan=lalap+sambal+es teh. Rp 19.900
2. Bebek goreng
Bebek
yang di goreng dan di taburi
keremesan.
bebek
kampung:
1
ekor. Rp 74.000
¼
ekor. Rp
18.500
Bebek
peking:
¼
ekor. Rp 20.00
Bebek
muda:
½
ekor. Rp 19.500
3. Bebek cabe ijo
Bebek
goreng yang di lumuri bumbu istimewa cabai hijau sensasi
pedas.
bebek
kampung:
1
ekor. Rp 74.000
¼
ekor. Rp
18.500
Bebek
peking:
¼
ekor. Rp 20.00
Bebek
muda:
½
ekor. Rp 19.500
4. Bebek bakar
Bebek
di bakar dengan areng batok kelapa di bumbui gaya jawa dengan rasa cendrung
manis gurih.
bebek
kampung:
1
ekor. Rp 74.000
¼
ekor. Rp
18.500
Bebek
peking:
¼
ekor. Rp 20.00
Bebek
muda:
½
ekor. Rp 19.500
5. Bebek muda
Serat
daging lebih lembut kulit lebih tipis. Rp 19.500
6. Bebek rica
Bebek
goreng yang di sertai oleh rica-rica pilihan. Rp 19.500
Karakteristik
Konsumen
Berdasarkan
hasil penelitian kepada 50 konsumen, karakteristik umum konsumen yang dilakukan dalam
penelitian ini yaitu karakteristik demografi yang dianalisis meliputi jenis
kelamin, usia konsumen, status pernikahan, pendidikan, pekerjaan, serta tingkat
pengeluaran per bulan.
1) Jenis Kelamin
Berdasarkan
jenis kelamin. konsumen yang lebih sering berkunjung antara konsumen laki-laki
dan perempuan di Restoran Bebek Kaleyo cendrung
konsumen perempuan yang lebih sering berkunjung, seperti yang terlihat pada
Tabel 7.Karakteristik ini dapat dilihat pula selisih yang tidak terlalu besar
antara konsumen laki-laki dan perempuan yang berkunjung ke Restoran bebek Kaleyo.
Tabel
7. Sebaran Jumlah dan Presentase
Konsumen Berdasarkan Jenis Kelamin.
No.
|
Jenis Kelamin
|
Jumlah
|
Presentase (%)
|
1.
|
Laki-laki
|
18
|
36
|
2.
|
perempuan
|
32
|
64
|
jumlah
|
50
|
100
|
|
2) Usia Konsumen
Karakteristik
konsumen Restoran Bebek Kaleyo berdasarkan kelompok usia pada
hasil penelitian, konsumen yang berkunjung pada usia antara 17 – 23 tahun
sebagai konsumen tertinggi dengan jumlah 25 konsumen, dapat dilihat
pada Tabel 8.
Tabel
8. Sebaran Jumlah dan Presentase
Konsumen Berdasarkan Kelompok Umur.
No
|
Umur (Tahun)
|
Jumlah
|
Presentase (%)
|
1.
|
10 – 16
|
11
|
22
|
2.
|
17
– 23
|
25
|
50
|
3.
|
24 – 30
|
9
|
18
|
4.
|
33 – 37
|
5
|
10
|
Jumlah
|
50
|
100
|
Umur
konsumen diklasifikasikan menjadi empat kelompok umur, yaitu
umur 10 hingga 16 tahun, 17 hingga 23 tahun, 24 hingga 30 tahun, 31 hingga 37
tahun. Pada Tabel 8 Terlihat bahwa sebagian besar konsumen berumur 17 – 23
tahun yaitu sebanyak 25 orang, dapat disimpulkan bahwa konsumen berumur muda
yang aktif cenderung lebih senang menghabiskan waktu untuk menyantap makanan
yang tersedia di Restoran Bebek kaleyo.
3) Status Pernikahan
Berdasarkan
hasil penelitian dapat diketahui bahwa pengunjung pada
Restoran Bebek Kaleyo berdasarkan status pernikahannya
sebesar 64% dari total 50 konsumen yang mengisi kuesioner
berstatus belum menikah. Dapat dilihat pada Tabel 9.
Tabel
9. Sebaran Jumlah dan Presentase
Konsumen Berdasarkan Tingkat Status Pernikahan.
No
|
Status
Pernikahan
|
Jumlah
|
Presentase (%)
|
1.
|
Belum
Menikah
|
32
|
64
|
2.
|
Menikah
|
18
|
36
|
Jumlah
|
50
|
100
|
Sebagian
besar konsumen yang ditemui memiliki status belum menikah
yaitu 32 orang. Hal ini berkaitan dengan usia konsumen yang mengisi
sebagian besar berusia 17 hingga 23 tahun.
4) Pekerjaan Konsumen
Karakteristik
konsumen berdasarkan tingkat pekerjaan konsumen pada hasil penelitian ditemukan
bahwa pekerjaan konsumen lebih mengarah pada mayoritas para pekerja dan
pelajar, baik pelajar SMU maupun Perguruan Tinggi.Terlihat pada Tabel 11.
Tabel
11. Sebaran Jumlah dan Presentase
Konsumen Berdasarkan Tingkat Pekerjaan Konsumen.
No
|
Pekerjaan
|
Jumlah
|
Presentase
(100%)
|
1.
|
Pegawai/karyawan
|
23
|
46
|
2.
|
Wiraswasta
|
3
|
6
|
3.
|
Pelajar
|
19
|
38
|
4.
|
Lainnya
|
5
|
10
|
Jumlah
|
50
|
100
|
Dari
data menunjukkan bahwa pekerjaan konsumen yang sering datang ke Restoran Bebek
Kaleyo adalah para pekerja dan pelajar yang didalamnya termasuk siswa-siswi SMU
dan para mahasiswa Perguruan Tinggi .
5) Pengeluaran konsumen
Karakteristik
konsumen berdasarkan tingkat pengeluaran paling tinggi dari hasil sebaran
kuesioner dapat dilihat bahwa pengeluaran per bulan konsumen Rp 500.000 hingga
Rp 1.000.000, sebesar 23 Orang. Dapat dilihat pada Tabel 12.
Tabel
12. Sebaran Jumlah dan Presentase Konsumen Berdasarkan Tingkat
Pengeluaran
Per Bulan.
NO.
|
Pengeluaran
(Rp)
|
Jumlah
|
Presentase
(%)
|
1
|
500.000,00
- 1.000.000,00
|
23
|
46
|
2
|
1.500.000,00
- 3.000.000,00
|
11
|
22
|
3
|
3.000.000,00
- 5.000.000,00
|
14
|
28
|
4
|
5.000.001,00
- 7.500.000,00
|
2
|
4
|
5
|
> Rp.
7.500.000,00
|
0
|
0
|
Jumlah
|
50
|
100
|
Terlihat
pada sebaran konsumen mengenai rata-rata pengeluaran para konsumen Restoran
Bebek Kaleyo sebanyak 23 konsumen memiliki rata-rata pengeluaran sebesar Rp
500.000 hingga Rp 1.000.000, sedangkan peringkat kedua yang umumnya banyak
menjadi pengeluaran konsumen berkisar Rp. 3.000.000 hingga Rp. 5.000.000.
Analisa tingkat kepentingan dan kinerja
restoran
Dihasilkan beberapa hal yang mempengaruhi tingkat
kepuasan konsumen. Pada 50 konsumen yang diberikan kuisioner, maka telah
diperoleh hasil penilaiannya terhadap tingkat kepentingan dari pelayanan
restoran.
§ Tabel
Tingkat kinerja yang tertera pada
tabel diatas dapat diartikan bahwa bobot tingkat kinerja konsumen terhadap
atribut cukup beragam. Dari 17 atribut yang diperdalam dalam penelitian
terlihat rasa, kehalalan dan paket promosi merupakan atribut yang sangat
penting terhadap penilaian kinerja konsumen.
1. Rasa, Citarasa
makanan dan minuman merupakan salah satu variabel yang sifatnya vital dalam
komponen yang ada pada bisnis restoran. Ketidakmampuan dalam menjaga citarasa
dan ciri khas suatu sajian hidangan dapat sangat berpengaruh pada kepuasan
konsumen. Konsumen menganggap bahwa variabel ini sangat penting. Tingkat
kinerja yang dilakukan oleh restoran Bebek Kaleyo terhadap atribut rasa dinilai
baik oleh konsumen.
2. Kehalalan, Suatu
produk yang dijual harus dipertahankan oleh pihak restoran. Berdasarkan
hasil penelitian dapat di ketahui bahwa kehalalan pad amakana di restoranbebek
kaleyo di anggap sangat penting oleh konsumenbegitupun dengan kinerja yang di
nilai baik oleh konsumen.
3. Paket Promosi, Salah satu cara baik yang ditempuh oleh pihak restoran
dengan cara menyajikan Paket Promosi untuk menarik para konsumen. Dan terbukti
cara ini pun dianggap penting bagi para konsumen setelah 2atribut diatas.
4. Keamanan dan kenyamanan restoran,konsumen bebek kaleyo menilai bahwa variabel keamnan dan
kenyamanantempat menjadi nilai yang sangat penting terkait dengan faktor
penunjang yang mungkin akakn menumbuh selera makan mereka selain itu dengan
kondisi restoran yang nyaman dan selalu bersih akan membuat konsumen akakn
menghabiskan waktu yang lebih lama.
5. Dekorasi ruang,penataan
ruang adalah bentuk bangunan,hiasan dinding,yang berada diruang tempat
makan.penataan ruangan ini menjadi salah satu hal para konsumen kembali ke
lestoran ini dan begitu betah makan di tempat ini.
6. Harga Produk, ada paket produk yang bebek kaleo siapkan ada paket harga Rp
19.900. Nasi,bebek,teh,sambal dan lalapan ini menarik konsumen untuk membeli
paket lengkap ini dengan harga yang tidak terlalu mahal
7. Kecepatan pelayanan, kecepatan pelayanan sangat bergantung dari kualitas
restoran, karena sebagian besar konsumen yang datang ke bebek kaleo datang
dengan rasa lapar
Penjelasan diatas merupakan faktor-faktor yang terpenting
mengapa para konsumen memilih makan di bebek kaleyo kalimalang dari pada tempat
yang lain di sekitar tempat tersebut terbikti dari 50 orang yg di mengisi
kuisioner 30 orang keatas atau 60 lebih
yang memilih atribuut di atas.
KESIMPULAN
Bebek kaleyo merupakan salah satu kuliner yang di kenal luas
oleh masyarakat jabodetabek dan mereka merupakan salah satu restoran bebek yang
paling ramai di indonesia.
Kaleyo sendiri merupakan kependekan bahasa Jawa,
"kalih" yang artinya dua dan "ayo" yang berarti
ajakan.seperti yang mereka konfirmasikan pada kami bahwa dengan nama itu mereka
Mengajak pelanggan untuk tidak hanya membeli satu namun dua. Tidak hanya datang
sekali namun dua kali. Dan itu terbukti ampuh banyak pelanggan yg merasa tidak
puas datang dua kali. Mereka datang berkali-kali... belasan kali...
puluhan kali... bahkan ada yg ratusan kali.
Berdasarkan
hasil analisis yang telah dilakukan dari penelitian ini, maka diperoleh
kesimpulan bahwa :
1. Hasil analisis karakteristik responden yang paling banyak
berkunjung ke Restoran Bebek Kaleyo adalah konsumen berjenisperempuan, usia
sekitar 17-23 tahun, status pernikahan belum nikah, tingkat pendidikan yang
sedang dijalani maupun gelar terakhir ialah perguruan tinggi, jenis pekerjaan
responden yang paling banyak adalah pelajar, dan pengeluaran perbulan umumnya
para responden adalah Rp 500.000 hingga Rp 1.000.000 perbulan. Dari hasil
tersebut dapat disimpulkan bahwa target sasaran pihak Restoran Bebe Kaleyo
adalah para kaum muda dengan golongan menengah.
2. faktor-faktor yang terpenting mengapa para konsumen memilih
makan di bebek kaleyo kalimalang dari pada tempat yang lain di sekitar tempat
tersebut terbikti dari 50 orang yg di mengisi kuisioner 30 orang keatas
atau 60 lebih yang memilih atribut di
atas.sepert:rasa,kehalalan,paket promosi,keamanan,dekorasi ruang,harga produk
dan kecepatan pelayanan.
SUMBER
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar